Perjalanan Achmad Zaky CEO bukalapak.com

Achmad Zaky mulai mengenal dunia teknologi sejak usia bangku sekolah dasar. Berawal pada tahun 1997, Achmad Zaky mendapat sebuah komputer dan buku-buku pemrograman computer dari salah seorang pamannya. Tak disangka Achmad Zaky memiliki minta atau passion dengan komputer dan pemrograman komputer.

Ketertarikannya dengan dunia informatika, ternyata berlanjut hingga pendidikan bangku SMA.  Achmad Zaky berkesempatan menjadi wakil SMA Negeri 1 Solo, memenangkan ajang olimpiade sains nasional (OSN) bidang komputer. Kemudian tahun 2004 Zaky melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Selama berkuliah, Achmad Zaky sering menjuarai kompetisi-kompetisi teknologi informatika tingkat nasional. Achmad Zaky pernah menjadi juara II kejuaraan Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Ia membuat software (perangkat lunak) MobiSurveyor yang digunakan untuk perhitungan cepat survei pemilihan umum. Achmad  Zaky juga pernah mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Prestasinya yang gemilang di bidang pendidikan, mengantarkan Achmad Zaky meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat. Pendidikan tersebut dilangsungkan selama dua bulan pada tahun 2008

Berdirinya Bukalapak.com

Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Zaky membuat sebuah website yang menjadi proyek internal perusahaan. Proyek tersebutlah yang menjadi asal kesuksesan Achmad Zaky pendiri bukalapak.com. Tepatnya bukalapak.com dimulai pada tahun 2010.

Bukalapak.com memiliki visi untuk mengubah hidup banyak orang dengan memajukan UMKM lewat internet. Fase pengembangan Bukalapak.com dapat diselesaikan dalam waktu dua bulan. Setelah selesai tahap pengembangan, Achmad Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung di Bukalapak.com. Sayangnya respon yang diberikan para pedagang di mall sangat rendah. Respon positif justru datang dari pedagang kecil. Sejak itu, Achmad Zaky dan tim Bukalapak.com fokus mengajak para pelaku UMKM. Di tahun 2011, Bukalapak.com telah memiliki 10.000 pedagang yang bergabung dan jumlah tersebut terus bertambah.

Bukalapak.com pada awalnya lahir dari kantong pribadi para pendirinya. Seiring dengan pertumbuhan yang sangat pesat, pendanaan berasal dari beberapa investor. Beberapa investor yang tertarik mendanai bukalapak.com adalah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group).

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari kisah sukses Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com, antara lain:

Jangan minder dan ragu, putra-putri Indonesia juga mampu membuat bisnis startup digital yang sukses.

Buat bisnis yang membantu menyelesaikan permasalahan orang banyak. Tahukah Anda apa permasalahan kebanyakan bisnis UMKM? Mereka memiliki produk atau layanan yang bagus, tetapi kurang dalam pemasaran. Yang dibutuhkan adalah bantuan untuk memasarkan produknya.

Pelajaran berikutnya dari Achmad Zaky adalah berani memulai.

Bekerja sesuai dengan minat atau passion. Jadi kerjakan apa yang Anda senangi (do what you love) dan senangilah apa yang Anda kerjakan (love what you do).

Sumber :

Wikipedia Achmad Zaky –  https://goo.gl/vPVNjH

Wikipedia Bukalapak.com – https://goo.gl/2qA6qT

Bagikan kebaikan kepada orang lain:

4 comments on “Perjalanan Achmad Zaky CEO bukalapak.com

  1. Unquestionably believe that that you stated. Your favorite justification appeared to be on the internet the easiest thing to bear in mind of.
    I say to you, I certainly get annoyed at the same time as
    other people consider worries that they just do not recognize about.
    You controlled to hit the nail upon the top as well as defined out
    the entire thing without having side-effects , other people could take
    a signal. Will probably be back to get more.
    Thanks

  2. I do not even understand how I ended up here, but I
    assumed this submit was great. I don’t understand who you might be but certainly
    you’re going to a well-known blogger for those who aren’t already.

    Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *