Kiamat

Kiamat pasti terjadi. Tapi tidak seorang pun yang tahu termasuk para Nabi dan Rasul kapan akan terjadi. Dalama hal ini Allah SWT berfirman :

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, kapankah terjadinya. Katakanlah : “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu hanya disisi Tuhanku ; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu datangnya selain Dia. Kiamat itu amat berat (bagi mahluk yang ada) di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak dating kepadamu melainkan dengan tiba-tiba..” (Al-A’raf :187)

Namun demikian, Rasulullah SAW memberitahukan kepada kita beberapa tanda-tanda kiamat, ada yang disebut dengan tanda-tanda kecil (‘alamat sughra) dan ada yang disebut dengan tanda-tanda besar (‘alamat kubra)‘Alamat kubra menunjukkan kiamat sudah sangat dekat sekali.

Apabila ditanya kapan hari Kiamat terjadi ? Tidak ada seseorang pun yang dapat menjawabnya. Hanya Allah-lah yang tahu kapan terjadinya Kiamat. Allah SWT, berfirman:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku ; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi mahluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan dating kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang haeri Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Q.S. Al-A’raf 7 : 187)

Walaupun kedatangan kiamat itu masih dirahasiakan, namun sebagai orang yang beriman, kita harus mempercayainya dengan sepenuhnya. Dalam hal ini, Allah berfirman :

“Dan sesungguhnya hari Kiamat itu pastilah dating, tak ada keraguan padanya; dan bahwanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur” (Q.S. Al-Hajj 22 :7)

Berdasarkan keterangan yang berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadis, terjadinya hari akhir atau hari Kiamat didahului tanda-tandanya. Tanda-tanda datangnya hari akhir antara lain :

  1. Terbitnya matahari dari arah barat
  2. Mnculnya binatang yang berbicara dengan manusia
  3. Munculnya Yajuj (perusak dan pengacau dan timbulnya bencana-bencana alam dahsyat)
  4. Munculnya Dajjal (pendusta, penipu ulung)
  5. Al-Qur’an tinggal tulisan (sudah tidak terasa di hati) dan Islam tinggal nama (sudah tidak ada amalan didalamnya)
  6. Jumlah orang perempuan sudah berlipat ganda daripada laki-laki.
  7. Peredaran bumi sudah tidak teratur sebab sudah mendekati keruntuhannya.

Kiamat mulai terjadi ketika Malaikat Israfil meniup terompet yang pertama, maka hancurlah dunia dan seisinya.

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian, ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)” (Q.S. Az-Zumar 39 ; 67)

Bagikan kebaikan kepada orang lain:

5 comments on “Kiamat

  1. Hmm is anyone else having problems with the images
    on this blog loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or
    if it’s the blog. Any feedback would be greatly appreciated.

  2. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great.
    I don’t know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you aren’t
    already 😉 Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *