Apa itu Ekstensi gambar JPG?

apa itu jpg?

Dalam dunia digital untuk menyimpan sebuah gambar pasti kalian tidak asing dengan istilah JPG, PNG, JPEG, GIF, dan format gambar lainnya. Mungking banyak dari temen-temen semua yang masih belum tau apa sih sebenarnya yang telah saya sebutkan tadi itu? kepanjangannya? dan mungkin perbedaan dari masing-masing format tersebut.

Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tentang JPG telebih dahulu, untuk format yang lainnya kita bahas dipostingan berikutnya ya gaes. langsung saja berikut untuk pengertian format JPG.

Pengertian JPG

JPG adalah sebuah format/ekstensi atau bisa disebut juga jenis data untuk menyimpan suatu data gambar yang bisa ditampilkan pada perangkat digital seperti hp, laptop, monitor, layar lcd dan yang lainnya.

Format gambar JPG dilaunching sekitar tahun 1980-an. Saat itu nama JPG masih menggunakan JPEG (Joint Photographic Experts Group). Saat itu penerapa gambar yang menggunakan format JPEG baru bisa digunakan sekitar tahun 1996. Seiring dengan perkembangan teknologi membuat format gambar JPEG semakin di atas angin.

JPG ini dikembangkan oleh Joint Photographic Expert Assemble, suatu organisasi yang bergerak di bidang IT. Cara JPG mengompresi data gambar adalah dengan mengurangi bagian-bagian dari gambar dengan tujuan memblok pixel dalam gambar tersebut. Teknologi JPG ini hanya digunakan untuk menyimpan data yang berukuran besar di media penyimpanan terbatas.

Keunggulan

Salah satu keunngulan yang paling dirasakan dengan menggunakan format JPEG adalah dapat digunakan pada semua sistem operasi. Baik itu Sistem Operasi Windows, linux, mac os, dan yang lainnya. Selain itu, format gambar ini juga dapat dibuka pada beberapa apliaksi lainnya seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, dan jenis aplikasi lainnya.

Format JPG adalah format file lossy terkompresi. Hal ini membuat berguna untuk menyimpan foto pada ukuran lebih kecil dari BMPJPG adalah pilihan umum untuk digunakan di Web karena dikompresi.

JPG dapat mendukung warna hingga 16 juta warna. Maka dari itu, kita tetap dapat melihat penampilan gambar fotografi yang tetap terlihat seperti aslinya meskipun kualitas gambar itu sendiri sedikit dikurangi.

Bagikan kebaikan kepada orang lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *